Apa itu Bending?
Note bending adalah teknik yang
digunakan untuk mengubah pitch note dan sebagainya mencapai
note yang tidak ada pada harmonika diatonik, Misalnya, jika sahabat #harmonicalovers mengambil lubang keempat pada harmonika
kunci C, nada tiup adalah C dan nada sedot adalah D. Hal ini dimungkinkan untuk memainkan nada
C# dengan membending lubang ke 4 dengan
satu setengah nada. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan kombinasi lidah, tenggorokan dan paru-paru untuk memvariasikan tekanan udara pada reed harmonika.
Bending menjadi salah satu teknik yang lebih sulit untuk dikuasai (butuh waktu yang
cukup lama) tapi itu sepadan dengan usahanya. Perhatikan bahwa membending adalah menghasilkan suara blues yang ada pada harmonika, dan dapat digunakan dalam kombinasi dengan efek lain seperti wah-wah untuk menambah gaya
dan keragaman bermain sahabat
#harmonicalovers. Meniup lubang ke 4 adalah nada pertama yang dipelajari untuk membending tapi ini tidak berlaku untuk semua orang. Jika
Anda memiliki banyak kesulitan,
berlatihlah membending pada lubang lain (baik, 1 sedot, 2 sedot atau 3 sedot).
Harmonika yg admin ambil sebagai contoh adalah harmonika diatonik key C. Terutama pada hamonika diatonik, ada beberapa nada yg hilang (tidak tersedia) yang cara menemukannya harus melalui bending. Coba perhatikan tab not key C berikut yang memang ada nada yg hilang (F pada lubang 2)
tab-note diatonic harp key C |
berikut teknik-teknik bending yang harus dilakukan oleh pemain harmonika agar bisa mendapatkan nada-nada yang hilang seperti yang ada pada warna hijau dan merah muda pada gambar di atas.
Bending Lubang 4, dari D turun ke C#
Kita akan langsung membahas
bagaimana secara fisik melakukan
teknik bending. Dimulai pada lubang ke 4 dengan melakukan bending sedot/hirup
pada harmonika diatonic kunci C. Ini adalah membending nada D ke C
#.
Dengarkan terlebih
dahulu tutorial berikut ini (bs di download)
Sekarang sahabat #harmonicalovers sudah tahu setelah mendengar dan kita akan menjelaskan bagaimana hal itu dilakukan (folk yang berbeda memiliki cara yang berbeda
untuk menggambarkan bagaimana membending nada). Perhatikan gerakan lidah pada gambar di bawah ini. Sementara kita menghirup pada lubang keempat, kita mencelupkan tengah lidah kita turun meninggalkan ruang yang lebih besar di dalam mulut
kita. Tindakan
mencelupkan lidah kita turun membawa nada dari D ke C #.
four hole bend |
Hal ini mungkin sulit dilakukan karena akan melatih lidah kita untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa karena belum pernah melakukan sebelumnya. Tetapi ketika kita dapat
menguasainya, maka akan semudah mengendarai sepeda. Ada beberapa trik yang mungkin bisa membantu.
Dapatkah sahabat #harmonicalovers bersiul mundur? (bersiul dengan cara menghirup). Kalian akan melihat bahwa kalian memindahkan lidah kalian kembali ke dalam mulut kalian, sehingga meningkatkan volume rongga atau ruang di
dalam mulut kalian. Ini adalah efek yang sama, tetapi kalian akan melakukan hal ini
sementara meninggalkan lidah kalian pada harmonika. Kita harus mampu meninggalkan lidah kita pada harmonika, sehingga kita dapat membending nada sedangkan lidah kita menghalangi (gaya bermain yang dijelaskan
pada pelajaran sebelumnya).
Ketika kita pertama kali mencoba untuk membending nada, itu tidak datang kepada kita secara langsung. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menempatkan beberapa scotch tape (selotip atau
tape lengket) di depan harmonika, sehingga
memblokir semua lubang kecuali satu, kita berlatih terus-menerus. Ini
berarti bahwa kita bisa melakukan teknik bending menggunakan metode bersiul
mundur (mundur peluit), dan
tidak khawatir tentang pemblokiran
lidah. Jika kita mengalami kesulitan membending nada sedangkan lidah memblokir, latihan ini akan
memberikan suara dan nuansa
bermain bending nada. Meskipun di sisi lain, kita benar-benar tidak ingin menutupi harmonika
dengan scotch tape jika kita bisa menghindarinya.
Bending Lubang 3, dari B turun ke Bb, A dan Ab
Menghirup lubang ke-3 pada harmonika kunci C dapat di bending ke dalam tiga tahap nada masing-masing setengah nada. Dengarkan rekaman berikut ini untuk mendengar bagaimana bunyinya.
Gambar di bawah menunjukkan posisi berbagai lidah nada di lubang ini.
Pertama nada B adalah nada lurus dan dapat dimainkan
hanya dengan menghirup pada lubang ketiga harmonika
kita. Kita kemudian dapat menurunkan pitch nada ini ke nada Bb, A, dan Ab,
dengan mencelupkan pusat lidah kita ke dalam tiga tahap. Kita mungkin merasa sulit untuk
mengetahui apakah kita mendarat tepat pada setiap nada setengah, jadi latihan lain yang baik adalah
untuk menyelesaikan pada 3
nada tiup. Finishing
pada 3 nada tiup akan berarti bahwa kita bermain 5 nada dari skala kromatik pada satu lubang harmonika kita, B, Bb, A, Ab, dan G. Ini akan
membuat lebih mudah bagi kita untuk mendengar jika kita jarak mereka terpisah dengan benar (satu setengah nada
masing-masing).
Bending Lubang 2, dari G turun ke F#, dan F
Menghirup lubang kedua pada harmonika kunci C dapat dibending ke dalam dua tahap nada masing-masing setengah nada. Dengarkan rekaman berikut ini untuk mendengar bagaimana bunyinya.
Gambar di bawah menunjukkan posisi berbagai lidah nada di lubang
ini.
two hole bend |
Pertama nada G adalah nada lurus dan dapat dimainkan hanya dengan
menghirup pada lubang kedua harmonika kita. Kita kemudian dapat menurunkan pitch nada ini ke F # dan F, dengan
mencelupkan pusat lidah Anda ke
dalam dua tahap.
Ketika kita mulai untuk mendapatkan nuansa bending yang berbeda kita akan melihat bahwa setiap lubang memiliki bentuk yang berbeda hingga yang terakhir. Reeds yang lebih besar di bagian bawah lubang bernada memungkinkan aliran yang lebih besar dari udara
melalui harmonika ke paru-paru kita. Ini berarti bahwa kita akan menghirup lebih besar volume
udara untuk mencapai perbedaan
tekanan yang dibutuhkan untuk mencapai
bending. Ini akan sangat terlihat pada lubang pertama.
Bending Lubang 1, 5 dan 6
Nada hirup pada lubang pertama harmonica kunci C kita dapat dibending turun setengah nada dari D ke C #. Ini adalah nada yang sama seperti yang kita melakukan bending pada lubang keempat,
tetapi lubang pertama ini satu oktaf lebih rendah
daripada lubang keempat. Kita akan melihat bahwa kita menghirup lebih banyak udara saat melakukan
bending di lubang pertama ini. Kita tidak perlu khawatir tentang pemblokiran lidah pada
lubang pertama, sehingga kita dapat menarik lidah kita kembali ke dalam mulut kita jika ini membuat lebih mudah.
Bending di lubang pertama harus terdengar seperti ini.
Kita akan mampu melakukan bending pada lubang ke 5 turun
dari E, tapi ini kurang dari setengah nada
(meskipun terdengar seperti F). Bending ini dapat digunakan untuk efek, tetapi tidak boleh
digunakan untuk bermain catatan
F.
Menghirup nada pada lubang keenam pada harmonika kunci C kita dapat dibengkokkan oleh nada setengah dari A ke
Ab, dan harus terdengar
seperti ini.
Gambar di bawah ini untuk menggambarkan semua kemungkinan bending pada harmonika. Kita baru saja membahas bending sedot dari lubang 1 sampai
6. Ketika belajar cara bermain harmonika, pemula pada umumnya menemukan bending tiup pada lubang 8
sampai 10 yang
lebih sulit. Jadi untuk latihan berikutnya kita akan
berbicara tentang beberapa teknik yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan bending.
Wah-wah
Efek wah-wah dapat dicapai dengan membuka dan menutup
tangan kita di bagian belakang harmonika. Ketika dilakukan kombinasi dengan membending nada efeknya dapat ditingkatkan. Rekaman
pertama adalah hanya menghirup
lubang ke 4 tanpa bending (nada D).
Sekarang! Kali ini, kita mulai pada lubang ke 4 hirup bending nada C #, dan melepaskannya
lurus 4 hirup (dari nada C # ke D). Lakukan ini berulang-ulang
sehingga terdengar seperti wah-wah. Kemudian tambahkan efek wah-wah.
Ps: kita mungkin menyadari bahwa kita dapat mendengar anjing mengerang di latar belakang dekat akhir rekaman itu, abaikan
saja.
Suara Kereta Api
Sebuah efek peluit kereta dapat dicapai jika Anda membending dua lubang secara bersama-sama. Tarik napas pada lubang 4 dan 5 dan kemudian bending kedua nada tersebut
secara bersama-sama.
Bending Tiup
Membending nada tiup "terasa" sama persis seperti
membending nada hirup, namun kita akan menemukan sedikit
kesulitan untuk menguasainya. Tidak ada gunanya berlatih teknik ini jika kita belum menguasai latihan sebelumnya. Jadi, berlatihlah
teknik bending hirup sampai kita merasa sangat nyaman dengan itu.
Bending Tiup Lubang 8, dari E turun ke Eb.
Lubang ke 8 pada harmonika C
dapat dibending dengan nada setengah dari nada E ke Eb.
Gambar di
bawah ini menunjukkan apa yang kita rasakan dan kita lakukan. Kita mengangkat lidah di bagian belakang
dan meniup dengan " ever so slightly " kekuatan lebih. Jika
kita mengalami kesulitan akan lebih mudah jika kita mulai pada harmonika
kunci rendah, seperti
G atau A. Kita kemudian dapat melakukannya dengan harmonika kunci yang berbeda.
eight hole bend |
Bending Tiup Lubang 9 dan 10.
Lubang 9 adalah pengalaman serupa tapi sedikit lebih sulit. Ini akan membending dari nada G ke
F # (setengah
nada).
Bending tiup pada lubang ke 10 harmonika C, akan membending dari nada C ke Bb
(nada penuh). Hal
ini sangat sulit untuk dilakukan pada harmonika C
Overblows and Overdraws
Sebuah pelajaran disiapkan oleh Foghorn
sumber: untuk lebih lengkapnya bisa dikunjungi situs harmonicaclub.com