Senin, 02 September 2013

Single Notes

Bermain harmonika itu bagaimana sih? dimulai dari mana?
Beberapa pertanyaan yg kerap dilontarkan oleh pemain harmonika yg masih dalam taraf newbie atau pemula. Menurut admin sih, gak ada patokan khusus ttg dimulai dari mana kita harus belajar memainkan harmonika. Hanya dengan menghafalkan letak masing2 nada pun kita bisa memainkan harmonika dg baik.     
Tapi, jangan salah sangka dulu, hal itu jg tidak bs dilakukan semudah kita membalikkan telapak tangan. Banyak pemula yg bingung dg metode seperti itu. Namun ada teknik dasar untuk menjadi pemain harmonika yg handal, terutama untuk pemula harus bisa menguasai teknik yg dinamakan Single Note.
Apa itu Single Note?
Single note adalah teknik dimana kita harus dapat membunyikan hanya satu nada dengan bersih, artinya tidak ada nada lain yg berbunyi secara bersamaan. Sementara itu, jika kalian memainkan harmonika dan terdengar lebih dari satu nada, maka yang kalian mainkan adalah chord. 
terus, bagaimana kita melakukan teknik single note?
Ada 3 teknik yg bisa kita lakukan untuk menguasai single note:
1.  Puckering
adalah teknik memonyongkan bibir untuk mendapatkan satu nada secara bersih. Memang seperti orang hendak mencium, tp coba tiup atau sedot HANYA SATU lubang di harmonika diatonik kamu dengan bentuk bibir seperti pada gambar berikut ini
puckering
2. Tongue-blocking
adalah teknik memblok beberapa lubang harmonika dengan lidah sehingga hanya satu lubang saja yg tertiup/terhirup. Posisikan bibir kamu menutup 3hole harmonika dengan bibir anda (2hole tertutup dg lidah dan 1 lagi tidak). lakukan tanpa mengerutkan bibir.. ilustrasinya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
tongue-blocking
3. Lip-blocking
adalah teknik memblok beberapa lubang harmonika dengan bibir dengan memiringkan bagian belakang harmonika.. Posisikan bibirmu meniup ke dalam tiga lubang lalu miringkan bagian belakang harmonika sampai bibir bawahmu secara alami menutup & menghalangi lubang di sisi.

Dan yang terpenting ketika kita belajar memainkan harmonika dan ingin menguasainya adalah berlatih secara rutin dan menganggap harmonika adalah teman. Ya, seperti kata Tsubasa Ozora yg menjadi pamain sepakbola handal, dengan prinsipnya "bola adalah teman"  membuat Kapten Tsubasa seolah menjadi penyihir di lapangan sepak bola. Begitu juga dengan harmonika, intinya adalah seberapa suka dan seberapa besar hati kita tertambat pada alat musik yg satu ini.

sumber tulisan :
akun twitter @harmonicalovers
blog pribadi Rona Telam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar