Kamis, 20 Juni 2013

Membaca Tab Harmonika

6  5 -5  6  5  6  7 -7 -6  6  5  4 -6  6 -5  5  4 -4  5  5 -4
Waktu terasa semakin berlalu tinggalkan cerita tentang kita

6  5 -5  6  5  4  4  7 -7 -6  6  5  6 -6  6 -5  5  4 -4  5  5  5 -4
Akan tiada lagi kini tawamu tuk hapuskan semua sepi di hati


Bingung ya membaca tabulasi nada di atas?
Memang buat yang belum pernah melihat tab not harmonika masih bingung bagaimana cara membacanya. Bagaimana cara mengaplikasikannya pada harmonika?
Oke, di sini mari kita belajar cara membaca tab harmonika

Tab harmonika adalah serangkaian petunjuk yang dituliskan dengan angka untuk menunjukkan pada bagian lubang mana harmonika itu harus ditiup atau disedot. Dan biasanya sebelum not tabulasi itu diberikan, terdapat petunjuk untuk tipe harmonika dan kunci apakah tabulasi itu cocok dimainkan. Untuk harmonika diatonik biasanya angka tabulasinya maksimal sampai angka 10, untuk kromatik 12, dan tremolo 16 atau 24.

Dalam membaca tab harmonika, kita perlu memperhatikan angka yang ditunjukkan pada tab tersebut. Angka menunjukkan lubang mana yang harus ditiup atau disedot. Kemudian ketika kita melihat ada tanda (+) atau (-) pada tab tersebut, kita juga tidak boleh mengabaikannya. Tanda (+) *biasanya tidak disertakan dalam tab* menunjukkan bahwa lubang pada nomor tersebut cara memainkannya adalah dengan cara tiup. Sedangkan tanda (-) cara memainkannya adalah dengan cara disedot. Misalnya 5: lubang 5 ditiup dan -5 lubang 5 disedot.

Namun terkadang kita juga akan melihat akan ada tanda petik ( ' ) pada angka2 di tab tersebut. Hal ini diharuskan untuk melakukan bending pada lubang tersebut. *untuk teknik bending akan diuraikan di artikel selanjutnya*. Ada beberapa tanda petik yang bisa muncul pada sebuah tab harmonika karena  memang ada beberapa lubang yg bisa diturunkan hingga 1,5 nada. Misalnya -3''' jadi lubang ketiga harus dibending satu setengah nada.

Kita lihat penggalan tab nada diatas, 6  5 -5  6  5 menunjukkan bahwa lubang 6tiup, 5tiup, 5sedot, 6tiup, 5tiup dan seterusnya. Untuk lebih mengetahui macam2 lagu dengan tab harmonika, sahabat #harmonicalovers bisa mengunjungi situs tab harmonika. Ada ribuan lagu dg tab harmonika di sana, dan kalian bisa mempelajarinya jika ingin mengasah kemampuan bermain harmonika kalian.

Tapi jika Anda ingin menjadi pemain harmonika profesional, berhentilah membaca tab dan belajarlah bermain dengan mengandalkan pendengaran Anda sendiri (ear playing). *rona telam quite* harpist angel dari grup facebook pencinta harmonika.

sumber
disadur dari blog Rona Telam blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar